Cara Jitu menghadapi Teman yang Suka Menyontek! - PSYCHOLOGI HIDUP

Sukses kan diri dimasa depan dengan PSYCHOLOGY HIDUP

Sabtu, 07 Oktober 2017

Cara Jitu menghadapi Teman yang Suka Menyontek!


Hal yang paling menyebalkan ketika ujian adalah bertemu dengan teman yang hobi nyontek, padahal kita sudah susah payah belajar semalaman. Toxic friend seperti ini harus banget kita hadapi agar dia sadar kalau kebiasaannya ini sangat merugikan. Bagaimana caranya?


Minta Dia Buat Menghentikan Kebiasaannya
Hal yang paling jitu buat menegur teman yang suka nyontek saat ujian, atau buat tugas adalah kita harus jujur sama dia kalau kita nggak suka  dan dia harus menghentikan kebiasaan buruknya. Katakan padanya kalau kecurangan yang ia lakukan adalah perbuatan yang nggak baik. Orang yang nyontek sama dengan menipu dan dia bukan teman yang baik.  

Jangan Dengarkan Ketika Dia Berbisik Saat Ujian Berlangsung
Salah satu yang membuat jera si tukang nyontek adalah dengan fokus mengerjakan ujian dan jangan dengarkan ketika dia memanggil kamu untuk meminta jawaban ujian dari kamu. Jika dia terus menerus meminta kamu untuk menoleh dan memberikan jawabanmu, kamu bisa menegurnya dengan tegas bahwa kamu nggak mau memberikan dia contekan.


Duduk di Tempat Lain
Nyontek bisa jadi kebiasaan yang susah banget dihilangkan, oleh sebab itu kita harus menghindari si teman yang suka nyontek. Daripada terus ngedumel karena teman nggak bisa berubah, jadi kita bisa meminta guru untuk memindahkan kita ke tempat duduk yang lain, jauh dari si tukang nyontek.



Memintanya Untuk Belajar Bersama
Cara lainnya untuk menghadapi teman yang suka nyontek adalah dengan cara mengajak dia belajar bersama. Sharing materi pelajaran, memberikan masukan agar dia belajar lebih baik, membuat mind map bersama, dan mengajak dia mengerjakan soal-soal bersama.

 nah,itu dia cara menghadapi teman yang suka menyontek,sebelumnya terimakasih sudah membaca artikel kami.jangan lupa like and share.

1 komentar: